-->

4 Fitur Youtube Untuk Creative Selling

 Ramai workshop kelas youtube adsense, baik kelas online-offline - Ecourse, dan aku termasuk peserta yang ikut kelas cuan dari youtube. 

Aku masih ingat kalau channel youtube ilyas afsoh pernah di acc youtube adsense dan sudah tayang iklan, muncul dolar-dolar ijo gitu di tiap video yang aku upload. Sayangnya sejak update aturan baru, minimal 1.000 subscriber dan 4.000 jam tayang, channel tersebut tidak lolos. 

Aku belajar dari hal tersebut bahwa - kita perlu fokus - konsisten dan persisten, jangan pindah-pindah haluan,he he he he..... 

Lalu aku ikut kelas ecourse Rp 500ribu, aku nonton video dari a sampai z, sampai install tubebuddy juga, riset online dan berharap channel Public Speaking-ku berhasil dimonetisasi, tetapi apa mau dikata, kualitas video yang aku upload parah, tanpa editing, ditambah aku bukan seorang public figur/ bukan artist maka yang nonton video bisa dihitung dengan jari - belasan-puluhan- belum sampai ratusan apalagi ribuan hingga jutaan. 

JADI CURHAT ONLINE TENTANG YOUTUBE NIH!!!!

Belum puas dengan layanan master yang katanya garansi gajian $100 per bulan minimal, sampai ada mahasiswa yang berani klaim gajian Rp 100 Juta per bulan dari youtube, dan aku ikut-ikutan donwload panduannya, dan praktek - hasilnya : belum optimal, belum juga monet adsense-nya. 

Jadi Ingat dengan Presupposisi NLP - Tidak ada Kata Gagal, yang ada Adalah Umpan Balik. Maka aku berfikir ulang, buat apa ada channel youtube bila tidak bisa dimonetize adsense? 

Aku mendapat jawaban bahwa Youtube dapat digunakan untuk praktek Craetive Selling, Jualan Online dengan youtube, konon aku dapat kabar seorang praktisi youtube penjual senapan angin di Jepara - meraih omset 600 juta per bulan dari konten senapan angin, dengan jualan ke klien. 

Sejak saat itu aku putuskan untuk menggunakan youtube sebagai channel jualan training - terapi dan coaching. Hasilnya aku bisa monet, dapat transferan dari iklan video youtube public speaking online. ini contohnya : 


JUALAN CREATIVE SELLING dengan Youtube 
Paham dengan praktek monetize duit dari youtube dengan jual produk dan jasa maka aku terdorong buka kelas Creative Selling dengan Youtube, waktu itu aku jual Rp 600ribu per peserta, belajar dipandu secara jarak jauh. 

Kabar baik, ada praktisi network marketing yang tertarik belajar jarak jauh, maka saya pandu dengan video-video yang sudah saya siapkan secara khusus, sebelumnya video itu untuk konten agar moner adsense youtube, eh, malah monet jual Training Jualan Online Via Youtube. 

Klien berikutnya seorang Trainer Outbond kendal, kami belajar hari demi hari, malam hari, dan update konten via wa, apa saja yang perlu dilakukan dengan akun channel youtubenya. Aku ingat waktu itu akunku baru 400 Subscribers, kemudian tumbuh jadi 800, dan sekarang mencapai 2.800 an, terus tumbuh alamiah. 

FITUR 1 : short 


Short merupakan video pendek dengan format kurang dari 1 menit, berisi konten video portrait, video vertikal, dan sekarang bikin short mudah banget karena cukup dengan hp - rekam dan upload, sesimple itu. Agar bisa monet adsense : Wajib ditonton  Juta dalam waktu 90 hari. 

di sini kalau Anda fokus dan kreatif, misalnya orang buat video short topik kucing dengan story telling, wow - bisa monet adsense dan tembus 10 juta lebih, cari aja video short cerita pecinta kucing. 

Aku sendiri, tidak begitu fokus dengan short, ya asal saja - buat video pendek dan upload, lumayan ditonton sampai 1.000 views dan lebih. Kabar baiknya, selama 90 hari terakhir tembus 22 ribu penonton. ha ha ha alhamdulillah. 

Fitur 2 : Upload Video 

Fitur ini sudah banyak yang paham, Anda punya video di hp dengan format MOV, MPEG, AVI, auto dapat diunggap ke youtube, cara paling mudah ya rekam dengan hp, maka format sudah sesuai dengan kemauan youtube. 

problem terjadi ketika Anda mulai upload video youtube ini : apakah Anda penonton atau tidak? Konten ringan atau berat? 

Di sini dapat bocoran apapun videomu pastikan memenuhi empat kriteria ini : 
1. menghibur 
2. Manfaat 
3. Menginformasi 
4. mendidik 


Fitur 3 : Live Streaming 

Dulu ada aturan minimal 1.000 subscriber, maka fitur streaming dapat diaktifkan.
Sekarang minimal 50 Subscriber, kita dapat live streaming youtube dengan hp, atau streaming menggunakan software seperti zoom dan streamyard, 

Sekarang aku jarang streaming, kecuali saat ada kelas Training online Public Speaking, Pernah sih, streaming tiap pagi untuk mengejar 100 video tutorial public speaking, tetapi karena hasilnya belum optimal, di situ aku merasa "belum seperti harapan"  

sampai akhirnya aku putuskan untuk live streaming sesuai kebutuhan saja, idelanya sih, tiap hari streaming, kalau konten Public Speaking, Leadership, resensi buku, semuanya ready. 

Aku pernah streaming dengan undang narasumber coach, trainer, motivator, tetapi tidak bertahan lama, karena tidak ada sponsor di sana. PAdahal waktu itu, aku streaming dengan alat seadanya dan gratisan dengan streamyard. 


Fitur 4 : Buat Postingan (Komunitas) 

Sebagai Blogger, aku memang lebih nyaman posting di Blog, tetapi mendapati fitur buat postingan di Youtube kalau tidak dimanfaatkan ya sayang juga kan, Yuk Manfaatkan untuk Jualan. 

Di beberapa akun youtube-ku ada yang muncul tab buat postingan tetapi karena pernah aku gunakan robot posting brutal per hari, akun jadi dibatasi dan sekarang tidak bisa buat postingan, syukur tidak dihapus karena dianggap membuat sampah online. 

Riset yang aku lakukan, dari sekian postingan, yang mendapat respon adalah Creative Selling, maka aku pertegas mulai saat ini youtube sebagai channel Creative Selling. 

Online Training Creative Selling with Youtube : Rp 600ribu - 
Transfer ke rek bank Mandiri Ilyas Afsoh 900.000.884.4947

Ilyas Afsoh - Digital Marketer - 0858.6507.9257 
Back to Top