-->

NGONTEN INSTAGRAM DAPAT 87RIBU FOLLOWERS

 Aku terkejut juga ketika mengikuti kelas Zoom Meeting Gratis bersama Om Arli Kurnia bersama Mak Mish - emak ngonten Putri Mulia @digitalmakkreator - mengkhususkan diri menjadi konten kreator untuk emak-emak pemula dan gaptek di INstagram. 

Kaget dengan followersnya mencapai 87.000 ribu di Instagram, Sebenarny aku tidak nggumun (Heran) dengan capaian seorang creator konten IG Yang konsisten posting :
Video / Reels
Gambar 
Short 
dari awal tahun 2021 yang terisnpirasi dari pandemi dan pembatasan sehingga semua beralih kepada Online. 

Berikut Catatan pembelajaran Ngonten Instagram  untuk monetize :


1. Cari Ide Konten 

Misalnya dengan mencari ide dari komentar di akun kompetitor, alasannya sederhana yaitu karena saking banyaknya komentar maka tidak semua terjawab oleh admin. Maka ini kesempatan kita untuk bukin konten terkait pertanyaan tersebut. 

Nah, saat aku mulai cari ide konten di akun IG Hipnoterapi Semarang, ternyata tidak semuanya postingan akun dikomentari, paling hanya di view ratusan sampai ribuan saja, yang like pun jarang. Dari sini aku kepikiran untuk buat konten Instagram Hipnoterapi Semarang dari Awal, sebab sejauh ini followernya masih 243 an. 

Dari sini aku sadar untuk ngopeni akun IG Hipnotis Semarang - untuk membangun komunitas. Dan hasilnya aku putuskan untuk buat edukasi hipnoterapi murah Rp 200ribu - Rp 2 Juta. 

2. Konsisten Posting 

Ukuran konsisten Posting ini bukan sehari satu kali posting konten. Andaikan Anda mampu- ya silakan, Ukuran konsisten misalnya posting seminggu dua sampai 3x dalam seminggu, Misalnya Tiap Senin - Kamis, Atau Senin - Rabu - JUmat jam 07.00 wib. Hal ini konsiste tidak terputus selama enam bulan.

Kalau blog ini, aku update postingannya seminggu sekali, tia hari Kamis pagi atau siang, mengikuti kesempatan waktu senggang - Misalnya konsisten itu sbb :

Senin : Nulis Artikel NLP _ Coaching _ Business Leadership 

Selasa : Artikel Hipnotis - Hipnoterapi dan Vibrasi 

Rabu : Posting Public Speaking dan Training of Trainer 

Kamis : Digital Marketing 

Jumat : Neo Catering 919 

Sabtu : Umrah - Haji - Lowongan Kerja terbaru dan Jual rumah 

Minggu : Buat Blog Baru - maintenance blog selain blog Senin-Sabtu 

3. Ngonten itu Marathon

membuat konten itu kerja cerdas, kita diajak untuk kreatif, apa lagi yang diupdate? Misalnya apa yang perlu Anda lakukan untuk medapatkan 10.000 followers pertama di Instagram? 10.000 Subscribers di youtube, dan pembaca setia blog digital marketing ini. 

Ada seorang content Creator yang semangat buat short sampai punya banyak subscriber tetapi loyo ketika memasuki bulan ke-7 - bulan ke 14 dst dikelipatan ke-7 . Kalau kehilangan ide dan motivasi maka channel yang dibangun bakalan mati suri. 

4. Strategi Ngonten 

Bathching Kontent saya dapatkan dari Mak Mish, yaitu taktik mingguan agar konten selalu update : 
Senin : Riset Konten 2-3 Jam dan dapat 10 Judul Konten .
Selasa : Bikin Konten (Monolog) , Syuting langsung 10 Video.
Rabu : editing 10 Video dengan Cap Cut, Canva untuk carousel, Powerpoint untuk Brosur 
Kamis : Menjadwalkan posting instagram di aplikasi meta, Atau posting manual. 

5. Monetise Content 

Ketika komunitas yang Kita bangun di instagram sudah terbentuk, maka saatnya channel di monetize :
1. Affiliate 
2. Endorse 
3. Jual Produk / Jasa

Dari ketiga hal di atas, saya lakukan affiliate dulu pernah jadi blogger yang jualan produk digital di Ratakan, sebagaimana konten Artikel Belajar SEO dari Ahlinya, saya adalah makelar-nya.  

Untuk endorse saya belum pernah karena tidak aktif mengumpulkan follower public speaking, dan sekarang baru sadar untuk memulai ngonten Training of Trainer Public Speaking Indonesia. Kalau untuk blog public-speaking memang pernah ada email yang masuk ngajak kerja sama content placement. 

Jual Produk/JAsa inilah yang sedang saya lakukan, saya bangun blog digital marketing ini sebagai edukasi dan pembelajaran, masyarakat dapat belajar gratis, dan saya moentise dari adsense yang yang tayang dan klik di blog ini, plus saya endorse menulis peltihan training yang saya lakukan secara privat : 

Apapun bentuknya sekarang, banyak sekali pilihan untuk moentize, dimana sosial media menjadi sumberdaya terbaik untuk dimanfaatkan sebab semua orang punya kesempatan yang sama meriah keuksesan dan kebahagiaan. 

6. Sebar Semua Konten / Video ke Semua platform 

Kretaivitas sebagai konten kreator perlu Anda asah, dan di sini Anda perlu memilih dengan cermat media dan channel apa yang ANda pilih untuk menjadi seorang Content Creator? 
1. Blog : Blogger dan Wordpress
2. Instagram 
3. Facebook 
4. Youtube 
5. Tiktok 
6. Marketplace : Tokopedia, SHopee, Lazada 

Anda tidak dapat memailih semuanya sekaligus, kecuali memang Anda punya waktu ekstra dan handle tim untuk meratakan semua media online. Ada ratusan media gratisan di internet yang dapat Anda isi untuk jualan. 

Cukup satu produk / Jasa - Dapat Membuat Anda hidup Sejahtera. 

Tulisan ini ada banyak hal yang belum dibahas tetapi dengan ide dan inspirasi yang dipraktekkan dapat mengubah hidup Anda menjadi lebih baik. 
Berikut ini artikel Belajar Internet Marketing dari Nol. 

Tambahan Tentang Niche yang dapat kita pilih untuk Ngonten :
1. Business
2. Make Money 
3. Double Income
4. Dating 
5. Relationships
6. Marriage 
7. Health 
8. Wellnes 
9. Fitness

Ilyas Afsoh - 0858.6507.9257 
Back to Top